KEMAJUAN PEREKONOMIAN INDONESIA DAN GENERASI MILLENIAL

Revolusi Digital merupakan sebuah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang sudah terjadi sejak tahun 1980 hingga saat ini. Pada awalnya Revolusi itu dipicu oleh para generasi remaja yang lahir di tahun 80-an. Dan ini semua telah menandakan bahwa revolusi digital merupakan awal berkembangnya era Informasi.

KEMAJUAN PEREKONOMIAN INDONESIA  DAN GENERASI MILLENIAL

Dampak Perkembangan Teknologi
Berkembangnya sebuah teknologi kini membawa perubahan pada generasi millenial atau generasi digital native, khususnya pada anak – anak muda yang lahir di tahun 1980 - an sampai 2000 – an. Tumbuh di lingkungan serba digital, dan internet, yang telah memudahkan mereka untuk  melakukan berbagai macam aktivitas. Dalam hal berkomunikasi, generasi ini telah menemukan caranya sendiri, mereka dapat terkoneksi dan terhubung dengan temannya melaui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path. Hal ini telah mengubah gaya hidup mereka menjadi serba digital, tak ada lagi jarak, semua bisa terhubung dengan mudah.

Yoris Sebastian dari OMG Consulting mengatakan bahwa perkembangan perekonomian Indonesia akan sangat di pengaruhi oleh generasi millenial. Perkembangan generasi tersebut pada 2020 di perkirakan, akan menjadi yang yang terbesar di Negara Indonesia. "Mereka menentukan mau dibawa ke mana arah perekonomian kita pada lima tahun mendatang. Untuk itu, kita harus benar-benar mendalami karakter dan gaya hidup mereka, agar tidak menjadi malapetaka bagi kita," kata Yoris dalam keterangan tertulis.

Menurut survey Provetic pada 1 Desember – 31 Januari 2016, dari kumpulan data yang diambil dari Twitter, ada 45 persen user terbesar hanya jarak tahun 20 – 24 tahun dan total responden sebanyak 4.670 akun. Ada kerekter unik lainnya dari survey tersebut, didalam Top Wish List; perilaku konsumtif dalam traveling, belanja, tiket film, dan konser menjadi prioritas utama mereka. 

Dari permasalahn tersebut, lahirlah inovasi gaya hidup yang revolusioner. Dengan adaptasi Teknologi dan Digital munculah ide creative, dari cara berkomunikasi, interaksi, sampai belanja untuk kebutuhan sehari – hari pun bisa mereka olah menjadi lebih mudah.

Era Baru
Dari terbentuknya sebuah ekosistem digital masyarakat millennia di Indonesia, lahirlah beberapa startup dan marketplace di Indonesia. Era dimana lahirnya sang millennia berjiwa entrepreneur sukses, yang telah mendukung pertumbuhan bisnis dan juga menjadi penggerak roda perekonomian. Tentunya dalam hal bisnis E-Commerce yang kini telah ada di Indonesia. 

Kini banyak dukungan dari pemerintah, terutama dari Badan Ekonomi Kreatif. Penetapannya telah di luncurkan pada akhir Januari 2016 lalu, dan menjadi program nasional. Menurut data Departemen Perdagangan RI, pada tahun 2016, dalam tiga tahun kedepan, diperkirakan nilai bisnis E-Commerce di Indonesia mencapai Rp. 120 Triliun sampai Rp. 140 Triliun.

Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Salam Sukses.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "KEMAJUAN PEREKONOMIAN INDONESIA DAN GENERASI MILLENIAL"

Posting Komentar