Kiat Menjalani Bisnis Sampingan Bersamaan dengan Pekerjaan Utama



Bagi kamu para pekerja kantoran, lambat laun yang namanya bisnis sampingan pasti membuat kamu tergiur. Tapi, kendala yang sering kita hadapi ialah membagi waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan.
Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup kamu.
Lantas bagaimana kita bisa membangun bisnis tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama kita? Berikut tipsnya:

Pilih bisnis yang sesuai
Membuat keputusan untuk berbisnis sambil bekerja tidak sesulit saat mejalankannya. Kamu harus bijak sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Bagi kamu pekerja kantoran dengan sistem kerja fulltime pasti akan kesulitan menjalankan bisnis sendiri.
Intensitas pekerjaan kantor yang padat menjadi salah satu alasannya. Bahkan jika dipaksakan, justru menjadi bumerang bagi pekerjaan utamanya. Berharap mampu berbisnis sambil bekerja, justru bisa kehilangan kedua-duanya. Maka, pilihan kerja part time atau paruh waktu adalah pertimbangan yang tepat bagi karyawan.

Buat rencana prioritas
Daftar perencanaan yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan kamu saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Kamu mesti menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.
Skala prioritas menjadi sangat penting bagi kita, karena kita memiliki dua pekerjaan yang mengharuskan mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan. Jangan sampai kita tidak bisa memilah-milah pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dulu yang akhirnya membuat kita kerepotan dalam mengerjakan pekerjaan yang lain.

Hindari modal besar
Berbisnis sambil bekerja memang dituntut untuk mengelola modal dengan benar. Apalagi kamu yang baru merintis bisnis. Salah dalam pemakaian modal, sementara lika-liku bisnis begitu paham, yang didapatkan justru kerugian. Ditambah lagi waktu pengelolaan bisnis juga terbatas. Maka memulai bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar adalah pertimbangan tepat.

Bicara ke atasan
Bagian dari mempertahankan hubungan kerja yang baik dengan atasan kamu dan rekan kerja adalah untuk membuat tujuan dan niat yang jelas dari awal. Menyewa seorang pengacara untuk meninjau kontrak kerja kamu dan perjanjian lain yang telah ditandatangani dengan atasam agar memastikan tidak ada eksklusivitas atau tidak ada persaingan dalam klausa yang dapat merugikan di masa depan. Meskipun klausul ini sering dinegosiasikan, jika bisnis kamu menjadi sukses dan terganjal masalah kontrak, itu bisa menyebabkan tuntutan hukum atau lebih buruk.

Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil
Pendekatan lain yang dapat membantu kamu dalam memanajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya kamu tidak inginkan atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih mudah dilakukan. Ini akan mengefisienkan waktu dan mengurangi tingkat stres. Kamu dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang.


Sumber: smartbisnis.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kiat Menjalani Bisnis Sampingan Bersamaan dengan Pekerjaan Utama"

Posting Komentar