Bagi kamu para pekerja kantoran, lambat
laun yang namanya bisnis sampingan pasti membuat kamu tergiur. Tapi,
kendala yang sering kita hadapi ialah membagi waktu antara pekerjaan
utama dengan bisnis sampingan.
Siapa pun yang mengetahui bagaimana
mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup.
Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru
setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup kamu.
Lantas bagaimana kita bisa membangun bisnis tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama kita? Berikut tipsnya:
Pilih bisnis yang sesuai
Membuat keputusan untuk berbisnis sambil
bekerja tidak sesulit saat mejalankannya. Kamu harus bijak sebelum
benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Bagi kamu pekerja kantoran dengan
sistem kerja fulltime pasti akan kesulitan menjalankan bisnis sendiri.
Intensitas pekerjaan kantor yang padat
menjadi salah satu alasannya. Bahkan jika dipaksakan, justru menjadi
bumerang bagi pekerjaan utamanya. Berharap mampu berbisnis sambil
bekerja, justru bisa kehilangan kedua-duanya. Maka, pilihan kerja part
time atau paruh waktu adalah pertimbangan yang tepat bagi karyawan.
Buat rencana prioritas
Daftar perencanaan yang baik dan efisien
haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan kamu saat ini serta
tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Kamu mesti
menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk
menyelesaikannya.
Skala prioritas menjadi sangat penting
bagi kita, karena kita memiliki dua pekerjaan yang mengharuskan
mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan. Jangan sampai kita tidak bisa
memilah-milah pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dulu yang
akhirnya membuat kita kerepotan dalam mengerjakan pekerjaan yang lain.
Hindari modal besar
Berbisnis sambil bekerja memang dituntut
untuk mengelola modal dengan benar. Apalagi kamu yang baru merintis
bisnis. Salah dalam pemakaian modal, sementara lika-liku bisnis begitu
paham, yang didapatkan justru kerugian. Ditambah lagi waktu pengelolaan
bisnis juga terbatas. Maka memulai bisnis dengan modal yang tidak
terlalu besar adalah pertimbangan tepat.
Bicara ke atasan
Bagian dari mempertahankan hubungan
kerja yang baik dengan atasan kamu dan rekan kerja adalah untuk membuat
tujuan dan niat yang jelas dari awal. Menyewa seorang pengacara untuk
meninjau kontrak kerja kamu dan perjanjian lain yang telah
ditandatangani dengan atasam agar memastikan tidak ada eksklusivitas
atau tidak ada persaingan dalam klausa yang dapat merugikan di masa
depan. Meskipun klausul ini sering dinegosiasikan, jika bisnis kamu
menjadi sukses dan terganjal masalah kontrak, itu bisa menyebabkan
tuntutan hukum atau lebih buruk.
Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil
Pendekatan lain yang dapat membantu kamu
dalam memanajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang
biasanya kamu tidak inginkan atau terlalu sulit menjadi beberapa
kegiatan yang lebih mudah dilakukan. Ini akan mengefisienkan waktu dan
mengurangi tingkat stres. Kamu dapat meluangkan waktu 10 menit setiap
hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang.Sumber: smartbisnis.com
0 Response to "Kiat Menjalani Bisnis Sampingan Bersamaan dengan Pekerjaan Utama"
Posting Komentar